Nov 16, 2011

Studi Kasus | Mengelola Usaha

Mengelola Usaha | Studi Kasus
Moch. Jamil sudah tinggal selama 10 tahun terakhir, di sebuah lingkungan masyarakat kecil , di kota Banyuwangi. Kota kecil ini dihuni oleh 375 orang penduduk dan terletak dipinggir sebuah danau besar. Memancing adalah kegiatan yang dilakukan di daerah ini.
Jalan tua yang dibangun di kota ini terlalu sempit dan permukaannya tidak rata. Ketika musim hujan dan pancaroba, membuat beberapa bagian jalan ini tidak dapat dilalui. Sebuah jalan baru kini tengah dibangun menuju daerah itu dan diperkirakan selesai dalam waktu empat bulan.
Dikarenakan jalan baru tersebut hampir selesai dibangun, dan dengan mengucap Bismillah terpikir poleh jamil untuk membuka sebuah usaha. Wisatawan baik domestic maupun mancanegara akan mudah menjangkau danau tersebut dan tentu saja mereka ingin memancing sekaligus menikmati suasana danau yang sejuk dan nyaman jauh dari polusi.
Jamil telah mempertimbangkan untung rugi dari usaha yang akan dia dirikan . Oleh karena itu ia mengusahakan  bisnisnya secara legal. Ia telah mempertimbangkan untuk menjadi pemilik tunggal usaha tersebut. Oleh karena, ia ingin menjadi seorang wirausaha sukses , ia telah menabung Rp 10 juta, dan dapat meminjam uang yang cukup untuk membuka usaha kecil.
Kemitraan juga menarik perhatiannya. Satu atau dua orang mitra dapat menyediakan dana tambahan untuk membuka bisnis yang lebih besar. Kemungkinan lain adalah dia menjual saham sehingga Jumlah dana yang tersedia akan jauh lebih besar.
Bayangkan..!


Soal Studi Kasus berserta Jawaban
1.      Jika anda seorang Jamil, bentuk kepemilikan usaha mana (Badan Usaha) yang akan anda pilih.
Jawab : Jika saya menjadi Jamil, saya akan memilih badan usaha Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV).
2.      Berikan alasan, mengapa anda memilih bentuk usaha tersebut.
Jawab : Saya memilih badan usaha CV dengan pertimbangan sebagai berikut :
·         Saya tidak mempunyai modal (dana) yang cukup untuk membangun usaha, saya pun tidak meminjam dana yang terlalu banyak di bank, sehingga saya membutuhkan seorang mitra.
·         Saya membutuhkan seorang mitra yang ikut memberikan modal berupa uang, dan mitra yang ikut mengelola usaha (dalam hal ini, mitra ini adalah warga masyarakat sekitar danau).
·         Saya akan menjadi Sekutu aktif (anggota yang memimpin/ menjalankan perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas utang- utang perusahaan.) dalam badan usaha yang saya buat, sehingga saya mempunyai kekuasaan TIDAK TERBATAS terhadap perusahaan.
·         Mitra yang bekerja sama dengan saya, akan saya jadikan Sekutu Pasif (anggota yang hanya menanamkan modalnya kepada sekutu aktif dan tidak ikut campur dalam urusan operasional perusahaan. Sekutu pasif bertanggung jawab atas resiko yang terjadi sampai batas modal yang ditanam.)
·         Dan dalam perusahaan tersebut, saya akan menjual saham kira-kira sekitar 10%.
·         Keuntungan yang diperoleh dari perusahaan dibagikan sesuai kesepakatan, yaitu 70% untuk saya, 20% untuk mitra saya, dan 10% lainnya pada pemegang saham.
Adapun keuntungan saya memilih badan usaha CV ialah :
·         Kemampuan manajemen lebih besar.
·         Proses pendirianya relatif mudah jika dibandingkan dengan PT (Perseroan Terbatas).
·         Modal yang dikumpulkan bisa lebih besar.
·         Anda lebih mudah menerima suntikan dana dikarenakan badan usaha persekutuan komanditer sudah cukup populer di Indonesia.
3.      Informasi tambahan apa saja yang diperlukan Jamil untuk mengambil keputusan yang tepat tentang bentuk kepemilikan usaha.
Jawab :
Informasi tentang Tenaga Kerja, Modal yang telah tersedia dan yang akan dibutuhkan, Bahan baku, Perizinan dari pihak setempat, dan pihak pihak terkait. Mempertimbangkan Keamanan usaha, Kesehatan usaha, Ketertiban usaha, dan Kewajiban usaha. Informasi tentang penaggulangan jika terjadi segala sesuatu yang diluar kehendak, mendapat dukungan dan kepercayaan dari Bank. Mempertimbangkan pembangunan yang berwawasan lingkungan.
4.      Jika anda Jamil memilih jenis usaha apa yang akan anda buka ditempat itu.
Jawab : Bismillah, saya akan memilih usaha One Stop Recreation Center, ditempat itu akan terdapat Lesehan Ikan Bakar dan makanan-makanan khas Banyuwangi, Tempat Pemancingan, dan Penyewaan Perahu Wisata.
Saya yakin, usaha ini akan menjadi usaha yang Sukses!
5.      Berikan alasan kepemilikan usaha anda tersebut
Jawab : Saya ingin mendirikan usaha yang melibatkan warga sekitar, mengundang investor ke desa, melakukan pemberdayaan lingkungan, melaksanakan  pembangunan usaha yang berwawasan lingkungan,
6.      Keuntungan apa yang akan anda dapat jika membuka usaha tersebut?
Jawab : Berbagai keuntungan dari usaha tersebut, diantaranya :
·         Warga masyarakat di sekittar danau bisa menjadi sekutu rahasia, yaitu ikut mengelola usaha ini dan ikut mendapat untung dari usaha ini.
·         Memberikan warga sekitar pekerjaan / mengurangi pengangguran
·         Membangun desa menjadi desa wisata
·         Mendatangkan wisatawan domestik, maupun mancanegara
·         Mendapatkan untung dari usaha tersebut
·         Keuntungan yang terbesar bukan pada saya, tetapi pada pihak pihak yang ikut andil dalam usaha saya, terutama warga sekitar.
7.      Gambarkan struktur organisasi usaha jamil


Jawab :
NB :
*             = Bagian manager Produksi terdiri dari beberapa sub-bagian tergantung bidang usaha.
**           = Sebetulnya ada manager bagian pemasaran / promosi, tapi untuk bagian ini saya gabungkan dengan manager bagian penjualan, agar terbentuknya koordinasi yang baik.




Sekutu Pimpinan (General Partner).
Sekutu pimpinan yakni anggota yang aktif dan duduk sebagai pengurus dalam CV. Biasanya modal yang disetorkan lebih besar dari anggota yang lain. Sekutu ini bertanggung jawab secara tidak terbatas terhadap utang-utang perusahaan.
Sekutu Terbatas (Limited Partner).
Yang termasuk sekutu terbatas adalah anggota yang bertanggung jawab terbatas terhadap utang perusahaan sebesar modal yang disetorkan. Mereka tidak diperbolehkan aktif dalam perusahaan.
Sekutu Rahasia (Secret Partner).
Mereka aktif dalam perusahaan, tetapi tidak diketahui oleh umum bahwa mereka sebenarnya termasuk anggota partner CV.
8.      Perijinan apa saja yang harus dimiliki jamil agar usahanya legal.
Jawab :
a.       Izin Prinsip (IP).
b.      Izin Gangguan Tanah (IGT), berupa Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).
c.       Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
d.      Izin Gangguan.
e.      Sertifikat Tanah.
f.        Tanda Daftar Perusahaan (TDP) / Nomor Register Perusahaan (NRP).
g.       Surat Izin Tempat Usaha (SITU).
h.      Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
i.         Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
j.        Nomor Rekening Bank (NRB).
k.       Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).
Mungkin impian saya terhadap usaha ini terlalu Besar,
Tapi itulah mental Wirausahawan sejati..!!

0 komentar:

Post a Comment

Budayakan mengapresiasi karya orang lain..
gimme some comments, please..